Pengertian dan Bentuk Dasar Komunikasi Bisnis
Apa itu komunikasi bisnis ?
kita dapat mengetahui pengertian komunikasi bisnis dari pengertian dua
kata, yaitu komunikasi dan bisnis.
Komunikasi adalah proses transfer informasi dari komunikator (pengirim pesan) kepada komunikan (penerima pesan) dengan tujuan untuk mencapai saling pengertian.
Menurut Himstreet dan Betty dalam Bussines
Communication : Principles and Methods, Komunikasi adalah
suatu proses pertukaran informasi antarindividu melalui suatu sitem yang biasa
( lazim ), baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau
tindakan.
Sedangkan pengertian bisnis adalah suatu kegiatan sistem ekonomi yang
diarahkan pada manajemen dan distribusi hasil industri atau jasa profesional,
yang dapat mendatangkan keuntungan bagi organisasi bisnis tersebut.
sehingga, yang dimaksud komunikasi bisnis adalah
proses transfer informasi dari komunikator ( Pengirim pesan ) kepada komunikan
( Penerima Pesan ) dimana hasil informasi tersebut dapat menghasilkan
keuntungan bagi organisasi bisnis tersebut.
Djoko Purwanto, M.B.A dalam bukunya Komunikasi Bisnis Edisi kesebelas
mengemukakan bahwa komunikasi bisnis adalah
komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam
bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun nonverbal untuk mencapai
tujuan tertentu.
Pertanyaan 1
Bagiamana apabila seseorang yang memasang status di
insta story tanpa ada yang me repply dan/atau berkomentar ?
apakah itu termasuk komunikasi bisnis ?
Komunikasi bisnis
melibatkan pertukaran informasi yang terus-menerus. Lebih banyak bisnis
diperluas, lebih besar tekanannya pada bisnis tersebut untuk menemukan cara
komunikasi yang lebih efektif – bersama para pekerja dan dengan dunia di luar.
Dengan demikian, bisnis dan komunikasi berjalan bergandengan tangan.
Dalam komunikasi bisnis
terdapat enam unsur pokok, yaitu:
- .
Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan
yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi
-
Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang
atau lebih yakni komunikator dan komunikan
-
Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan
yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya
-
Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin
bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang
menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
-
Menggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau
metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk
menyampaikan pesan
-
Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang
membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya
tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen
sehingga hal tersebut termasuk komunikasi, karena ada komunikator (
pemilik akun ) dan komunikan ( netizen ), namun apakah itu termasuk komunikasi
bisnis, komunikasi antarpribadi, atau komunikasi lintas budaya
terggantung pada isi informasi yang ada dalam instastory tersebut.
Bentuk-bentuk komunikasi bisnis
Menurut Purwanto (2011:5), . Pada dasarnya, terdapat 2
bentuk dasar komunikasi dalam dunia bisnis, yaitu komunikasi verbal dan
nonverbal.
1. Komunikasi
verbal merupakan salah satu bentuk komunikasi untuk menyampaikan pesan-pesan
bisnis kepada pihak lain baik tertulis (written) maupun lisan (oral).
Komunikasi verbal ini memiliki struktur teratur dan terorganisasi dengan baik,
sehingga tujuan penyampaian pesan-pesan bisnis dapat tercapai dengan baik.
Dalam dunia bisnis, beberapa contoh komunikasi verbal yakni: penyampaian pesan
melalui surat, memo, teknologi komunikasi modern, rapat pimpinan, briefing
kepada karyawan, wawancara kerja, dan presentasi, dan lain-lain.
2. Komunikasi
Nonverbal. Berdasarkan teori antropologi, sebelum manusia menggunakan
kata-kata, mereka telah menggunakan komunikasi nonverbal dalam gerakan-gerakan
tubuh, bahasa tubuh (body language) sebagai alat untuk berkomunikasi dengan
orang lain. Contoh sederhana komunikasi nonverbal : sikap seseorang yang secara
spontan mengerutkan dahi, raut muka yang berubah, atau mata berkedip-kedip
tanpa disengaja dan tak pernah direncanakan sebelumnya. Contoh lainnya, disaat
Anda memperoleh kabar bahwa anak kesayangan anda satu-satunya mendapatkan
penghargaan sebagai juara pertama dalam lomba tingkat nasional atau
internasional! Bagaimana reaksi anda pada saat itu? Senang bercampur haru, Atau
melihat ekspresi wajah rekan Anda yang menghadapi masalah, kesusahan maupun mereka
yang senang atau gembira.
Pertanyaan 2
Apakah gesture termasuk komunikasi bisnis ?
Gesture merupakan komunikasi bisnis, yaitu komunikasi non-verbal.
Daftar Pustaka
Purwanto,
Djoko. Komunikasi Bisnis.
Jakarta : Erlangga, 2011.
Modul
makalah.( 2016, 13 Juni ). Pengertian
dan Tujuan Komunikasi Bisnis dalam Perusahaan. Diperoleh 24 Februari
2017, dari http://modulmakalah.blogspot.co.id/2016/05/pengertian-dan-tujuan-komunikasi-bisnis.html
Wikipedia.(2017,
21 Januari). Komunikasi Bisnis.
Diperoleh 24 Februari 2017, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_bisnis
0 comments: